span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Tasya Kamila: Penyanyi Cilik yang Berprestasi
Oleh : Halimah Nusyirwan
10 Juli 2018

Highlight

Uang itu bisa aja habis tapi kalau ilmu itu gak akan bisa habis.

Tasya Kamila, artis Indonesia yang sukses di bidang akademik
Tasya Kamila, artis Indonesia yang sukses di bidang akademik
Sumber: newshub.id

Perempuan yang bernama lengkap Shafa Tasya Kamila ini adalah salah satu artis cilik Indonesia yang dikenal masyarakat dengan lagu-lagu hits nya yang berjudul ‘Libur Telah Tiba’ dan ‘Anak Gembala’. Kesuksesannya di dunia entertainment sebagai penyanyi dan aktris yang bermain di berbagai film dan sinetron Indonesia rupanya tidak membuat Tasya mengesampingkan pendidikannya. Tasya Kamila juga dikenal sebagai artis yang memiliki segudang prestasi di bidang akademik. Seperti apa kisah seorang Tasya Kamila? Simak ceritanya bersama Kinibisa!



"Aku ingin terus berkembang dan salah satunya adalah dengan mencari ilmu."

Perjalanan Awal sebagai Artis Cilik
 

Tasya saat masih kecil dulu
Tasya saat masih kecil dulu
Sumber: detik.com

Tasya Kamila, atau yang biasa dipanggil dengan nama Tasya ini dikenal publik sebagai artis cilik sukses yang memiliki kesan menggemaskan dan pandai menyanyi. Tasya yang lahir di Jakarta, 22 November 1992 ini memulai kariernya sejak ia masih duduk di bangku TK. Saat itu ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti casting pencarian bintang iklan untuk produk susu. Setelah berhasil mengikuti casting tersebut, Tasya rupanya mendapatkan banyak tawaran iklan untuk berbagai produk lainnya. Salah satu iklan yang membesarkan nama Tasya di industri hiburan Indonesia adalah ketika ia membintangi iklan pasta gigi terkenal yaitu Pepsodent pada tahun 1998.

Keberhasilannya menjadi bintang iklan membuat Tasya semakin dilirik oleh berbagai produser dan rumah produksi yang ingin mengajak Tasya untuk bergabung di proyek-proyek mereka. Kariernya sebagai artis cilik yang tampil di berbagai iklan dan sinetron masih sempat membuat Tasya untuk mengambil les tarik suara ditengah-tengah kesibukannya tersebut. Tasya pernah mendaftarkan dirinya di salah satu sekolah vokal untuk mengembangkan bakatnya dalam bernyanyi.

baca juga: kisah inspiratif Irman Faiz

Pada tahun 2000, Tasya mendapatkan kesempatan untuk merilis album perdananya yang bertajuk ‘Libur Telah Tiba’. Album ini rupanya mendapatkan respons dan antusiasme yang besar dari masyarakat Indonesia yang akhirnya semakin menaikkan nama Tasya di dunia entertainment. Lagunya bahkan sampai saat ini masih diingat oleh orang-orang dan banyak dari mereka yang selalu mengaitkan Tasya dengan lagu ikonisnya tersebut.

Melihat kesuksesan albumnya saat itu membuat Tasya kembali merilis album keduanya dengan judul ‘Gembira Berkumpul’ di tahun 2001. Tasya pun akhirnya fokus pada kariernya di dunia tarik suara dengan terus merilis berbagai album di tahun-tahun berikutnya.

Mengejar Pendidikan di Tengah Kesibukan Karier
 

Tasya saat menjadi delegasi perwakilan Indonesia di forum PBB
Tasya saat menjadi delegasi perwakilan Indonesia di forum PBB
Sumber: grid.id

Menjadi sukses sejak usia dini tidak membuat Tasya melupakan betapa pentingnya mengejar pendidikan. Tasya mengakui bahwa orang tuanya selalu mengingatkan agar ia tidak terbuai dengan kesuksesan di dunia entertainment dan tidak melupakan pendidikannya tersebut. Sang ayah bahkan selalu rajin mengingatkan Tasya untuk tidak berhenti mencari ilmu yang kelak akan berguna untuk masa depannya.

Tasya yang pernah diangkat menjadi Duta Lingkungan Hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia ini akhirnya berhasil melanjutkan pendidikannya ke salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai mahasiswa jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Perjuangannya sebagai mahasiswa yang sibuk berkuliah sembari melanjutkan kariernya sebagai artis ibu kota tidak membuat Tasya mudah menyerah dengan kesibukannya tersebut. Walaupun ia disibukkan dengan berbagai proyek film dan sinetron seperti Rumah Kentang (2012) dan Mall Klender (2014), Tasya rupanya tidak lupa dengan prioritas utamanya sebagai seorang pelajar.

Pada tahun 2014, Tasya berhasil menyelesaikan Pendidikan S1 dalam jangka waktu 3,5 tahun dan lulus dengan IPK 3,58. Ia lulus dengan predikat cumlaude dan hal ini tentu menjadi prestasi besar untuknya mengingat dirinya yang aktif mengejar kariernya di dunia entertainment. Tasya mengaku tidak berambisi untuk mendapatkan IPK tinggi dikarenakan dirinya santai ketika menjalankan kuliahnya tersebut. Prestasi Tasya juga tak lepas dari dukungan sang ibu yang membantunya dalam membagi waktu.

"Aku seneng banget, ini di luar ekspektasi aku, aku nggak nyangka, padahal waktu kuliah kan aku juga masih disibukkan dengan album dan film," ucap Tasya dikutip dari Detik (13/03/2014).

Kerja Keras Meraih Beasiswa dan S2 di Columbia University
 

Tasya berhasil menyelesaikan pendidikan S2 di Columbia University, Amerika Serikat
Tasya berhasil menyelesaikan pendidikan S2 di Columbia University, Amerika Serikat
Sumber: tstatic.net

Kecintaannya menggali ilmu ternyata membuat Tasya berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun 2016, Tasya yang bercita-cita menjadi Menteri Lingkungan ini berhasil mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan pendidikan magister dengan jurusan Public Administration di Columbia University, New York, Amerika Serikat.

"Alasan aku (ambil S2) itu karena aku punya obsesi untuk jadi Menteri yah. Aku penyuka lingkungan, dan aku mengenali potensi aku di situ. Bidang lingkungan aku geluti. Makanya aku belajar jurusan itu," ucapnya dikutip dari Dreamers (30/07/2016).

Prestasinya tersebut tentu membuat masyarakat Indonesia semakin kagum dengan sosok Tasya. Ia termasuk ke jajaran artis yang berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi mahasiswa yang berkuliah di salah satu universitas terbaik dunia.

baca juga: kisah inspiratif Rich Brian

"Gak semua orang bisa keterima (di kampus barunya). Menurut aku itu jadi tantangan. Aku sudah persiapkan dari Januari 2015. Alhasil perjuangan aku selama ini bisa dapat beasiswa dan mendapatkannya (jurusan Public Administration)," ceritanya.

Banyak orang-orang yang penasaran dengan keberhasilan Tasya dalam mendapatkan beasiswa LPDP. Ia melalui berbagai proses yang panjang dan tentunya juga tidaklah mudah untuk Tasya. Pengalaman yang ia dapatkan selama proses seleksi beasiswa ia bagikan dalam video di akun Youtube Tasya dengan tujuan agar orang-orang dapat terinspirasi dan terbantu dengan videonya tersebut.

Tasya juga memiliki prestasi lainnya selama ia berkuliah di negeri Paman Sam. Tasya pernah direkrut menjadi salah satu peserta perwakilan Indonesia dalam ECOSOC Youth Forum dan Winter Youth Assembly yang diselenggarakan oleh PBB di New York, Amerika Serikat. Tasya diberikan kesempatan menjadi delegasi Indonesia oleh Perwakilan Tetap Republik Indonesia di dua forum tersebut. Ketertarikannya pada isu-isu yang ada di dunia membuatnya bergabung menjadi anggota aktif di salah satu organisasi pemuda internasional, yaitu Sustainable Development Social Network Youth (SDSN Youth) yang membuka jalan Tasya menjadi perwakilan organisasi tersebut di forum-forum internasional.

Prestasinya tersebut tentu tidak mudah dilalui, terutama sebagai mahasiswa Indonesia yang kuliah jauh dari tanah air. Tasya harus mengorbankan waktunya untuk belajar mengingat persaingan yang ketat di tempat kuliahnya tersebut seperti yang terlihat di berbagai videonyadi Youtube. Ia berkuliah dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam dan setelah itu Tasya kembali belajar dan mengerjakan tugasnya di perpustakaan kampus. Tasya juga harus tinggal berjauhan dari keluarga tercinta, hidup mandiri di negeri orang tanpa adanya bantuan dan orang yang dikenal di sana, dan ia juga harus rela tidak bisa menghadiri pemakaman sang ayah tercinta dikarenakan tanggung jawabnya tersebut.

Selama S2nya berlangsung Tasya disibukkan dengan aktivitas berkuliah di Amerika dan ketika libur, ia kembali ke Indonesia untuk syuting, magang, dan melalukan berbagai proyek yang berhubungan dengan pembangunan lingkungan Indonesia.

Saat ini Tasya sudah resmi lulus dengan gelar master Public Administration dan kembali ke tanah air. Ia mengatakan akan kembali fokus dengan kegiatannya di dunia entertainment dan berbagai pekerjaan seperti menjadi pembicara di berbagai seminar dan forum. Ia juga memiliki keinginan untuk berkontribusi membangun Indonesia dengan ilmu yang ia dapatkan selama berkuliah di Amerika.

baca juga: kisah inspiratif Putri Marino

"Dunia entertainment pastinya akan selalu menjadi rumah untuk aku. Aku dari kecil berkegiatan di dunia entertainment dan pastinya akan aku lanjutkan ke depannya. Tapi memang porsinya akan diatur bagaimana aku akan melangkah, penginnya sih juga lebih banyak belajar lagi tentang politik di Indonesia. Aku juga punya yayasan, pengin juga berkontribusi buat Indonesia melalui yayasan aku, melalui kegiatan-kegiatan proyek yang aku lakukan," ungkap Tasya dikutip dari Kompas (05/06/2018).


Keberhasilan Tasya Kamila mengejar pendidikannya tentu menginspirasi anak-anak muda Indonesia. Ia mengajarkan bahwa kesuksesan yang ia raih di dunia entertainment tidak membuatnya lupa dengan pentingnya meraih ilmu untuk masa depan. Kisahnya yang sukses meraih beasiswa S2 di Columbia University juga menjadikannya artis yang patut dicontoh. Simak kisah tokoh inspiratif lainnya di Kinibisa!